Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SD Negeri Dukuh 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Kristi, Aditia Hadi |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12000 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan masih ada kekurangan administrasi.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) di SD Negeri Dukuh 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari duasiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan untuk materi dan satu pertemuan untuk tes evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Dukuh 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga sejumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah diperoleh ditabulasi kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk menganalisis data observasi dan tes diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 85 % dari seluruh siswa kelas 3 telah mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal keaktifan belajar siswa hanya 50%, pada siklus I meningkat menjadi 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%. Peningkatan keakifan belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I adalah 20%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 22,5%. Jadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari yang sangat tinggi dan tinggi dari kondisi awal 50% , siklus I 70%, dan 92,5% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebelum tindakan (pra siklus) siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (56,25%) dari 32 siswa, dengan nilai rata-rata 70,87. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 24 siswa (75%) dengan rata-rata nilai 81,12. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 30 siswa (93,75%), dengan perolehan nilai rata-rata 87,62. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 3 Semester II SD Negeri Dukuh 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.