Upaya Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas 5 SDN Jepon 02 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester II Tahun 2013/2014

Main Author: Rahmawati, Novita Ayu
Other Authors: Sarwono, Ridha
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11994
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian adalah guru masih menerapkan metode ceramah yang kurang mengaktifkan dan kurang membantu siswa memahami konsep pembelajaran matematika. Kerja kelompok pada pembelajaran hanya untuk penyelesaian tugas dan latihan soal sehingga kerja sama dalam kelompok masih kurang atau didominasi siswa yang pandai. Penerapan metode ceramah secara berkala mengakibatkan redahnya kerja sama dan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan 73,5% memperoleh nilai ulangan di bawah KKM (65). Tujuan penelitian adalah meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika melalui metode bermain peran pada siswa kelas 5 SDN Jepon 02 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora semester II tahun 2013/2014. Jenis penelitian adalah PTK kolaborasi menurut Arikunto yang terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Jepon 02 yang berjumlah 34 siswa (24 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan). Cara pengumpulan data penelitian adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pembelajaran matematika dalam penelitian mengacu pada langkah-langkah metode bermain peran, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode bermain peran menyebabkan peningkatan kerja sama dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas guru dan siswa terbukti rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I sebesar 77,3 menjadi sebesar 91,7 pada siklus II, serta rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,0 menjadi sebesar 90,0 pada siklus II. Peningkatan kerja sama terbukti rata-rata skor kerja sama pada siklus I sebesar 99,2 menjadi 121,2 pada siklus II, di mana persentase kerja sama berkriteria tinggi pada siklus I sebesar 26,5% menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar terbukti rata-rata nilai hasil belajar pada kondisi awal sebesar 58,9 menjadi 70,8 pada siklus I dan menjadi 85,5 pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal sebesar 26,5% menjadi 76,5% pada siklus I dan menjadi 94,1% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SDN Jepon 02 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora semester II tahun 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian, guru diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas, kerja sama, dan hasil belajar, serta menghilangkan persepsi sukar dan meningkatkan motivasi siswa.