Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Menggunakan Media Realia Siswa Kelas IV SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun pelajaran 2013/2014

Main Author: Hariyanto, Denny
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11984
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini dilakukan dengan dasar bahwa hasil belajar IPA menunjukkan hasil yang kurang baik hal ini dibuktikan dengan nilai siswa dalam pelajaran IPA masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena cara penyampaian pembelajaran yang dilakukan atau yang disampaikan masih dengan cara konvensional yaitu dengan metode ceramah selain itu pemanfaatan media juga masih sangat minim digunakan dan hal ini berdampak pada nilai siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah atau di bawah KKM. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif Tipe GI dengan menggunakan media realia pada siswa kelas IV SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bringin 01 tahun pelajaran 2013/2014. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengambilan skor hasil observasi saat proses pembelajaran dan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil belajar IPA, siswa mengalami peningkatan setelah perlakuan siklus I dan siklus II yang menggunakan model GI dengan menggunakan media realia. Peningkatan hasil belajar IPA terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 11 siswa (40,74%) yang tuntas KKM sedangkan 16 siswa (59,26%) siswa belum tuntas KKM dengan rata-rata 59,62. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui 2x pertemuan ketuntasan siswa belajar meningkat, siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa (77,78%) dan 6 siswa (22,22%) belum tuntas dengan rata-rata 70,37. Dan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (92,6%) tuntas dan 2 siswa (7,4%) belum tuntas dengan rata-rata (75,92%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2013/2014.