Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas V SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Makahube, Darma
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11979
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan masih ada kekurangan administrasi.
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kutowinangun 11 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan nama penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Kutowinangun 11 Salatiga yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, implementasi/tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian siklus I dan siklus II dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2014. Adapun variasi jenis instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini terdiri dari tes tertulis, angket motivasi siswa, dan lembar observasi. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran. Motivasi dan hasil belajar siswa dapat di tingkatkan dengan mengikuti langkah-langkah strategi pembelajaran inkuiri yaitu (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis melalui eksperimen, dan (6) merumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun pelajaran 2013/2014. Sebelum tindakan skor rata-rata motivasi siswa 37,4 dengan kriteria sedang, pada siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 42,2 dengan kriteria sedang dan pada sikus II rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi (rata-rata skor 46,4). Sedangkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar, yaitu sebelum tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 65,45; siklus I naik menjadi 72,15; dan pada siklus II naik menjadi 81,25. Untuk siswa tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai 65, pada tes pra siklus ketuntasan belajar siswa 35% atau 7 siswa, pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 75% atau 15 siswa sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa atau 17 siswa mencapai KKM.