Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Group Investigation Berbantuan Media Video pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Rossyidah, Agusvina Angga
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11977
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan masih ada kekurangan administrasi.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa rendah, interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa masih belum optimal, siswa kurang fokus dalam pembelajaran, kurang aktif dalam berpikir, mudah bosan. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan Group Investigation berbantuan media video. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan Group Investigation berbantuan media video dan menjelaskan mengapa penerapan Group Investigation berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah diduga dengan penerapan GI berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan alasan mengapa penerapan GI berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPS diduga karena kelebihan yang ada pada sintaks GI berbantuan media video dapat meningkatkan pemahaman serta berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang ditulis oleh Daryanto terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Kutowinangun 11 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Dari data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Group Investigation berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan kelebihan yang ada pada sintaks Group Investigation berbantuan media video memungkinkan siswa untuk benar-benar berpikir dan menemukan sendiri materi belajarnya dari berbagai sumber. Hal ini berdampak pada pemahaman siswa yang semakin meningkat serta berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Pada pra siklus siswa yang tuntas belajar ada 14 siswa (54%) pada siklus I meningkat menjadi 19 (73%) siswa dan pada siklus II mencapai 25 (96%) siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti telah dapat dibuktikan kebenarannya.