Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kopeng 1 Kec. Getasan Kab. Semarang semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Verlyanga, Aldo Cahyo
Other Authors: Windrawanto, Yustinus
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11969
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan masih ada kekurangan administrasi.
  • Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sampai dengan Siklus II dimana setiap siklus terdapat 2 pertemuan.Analisis penelitian ini menggunakan diskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi Pra siklus dengan Siklus berikutnya.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kopeng 1 yang jumlah 29 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar.Sebelum diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) persentase rata-rata keaktifan siswa sebesar 39,25%. Naik menjadi 81,01% pada siklus I dan 88,79 % pada siklus II. Sedangkan hasil belajar sebelum diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), siswa yang melampaui KKM sebanyak 33.33 % ( 9 siswa) setelah dilakukan tindakan dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) naik menjadi 70,37 % (19 siswa) pada Siklus I dan 86,20 % ( 25 siswa) pada siklus II. Berdarsarkan hasil penelitian, saran bagi guru harus menggunakan konsep belajar sekitar kehidupan siswa agar penanaman konsep matematika lebih menarik selain itu Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) akan terlaksana dengan baik.