Hubungan Antara Kecanduan Bermain Online Game dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tugas pada Mahasiswa UKSW
Main Author: | Kamaratih, Dewi |
---|---|
Other Authors: | Soetjiningsih, Chr. Hari, Kusumiati, Ratriana Y.E. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Psikologi FPSI-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1196 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain online game dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan tugas pada mahasiswa UKSW. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang bermain online game lebih dari 3,5 jam dengan menggunakan teknik snowballing dengan jumlah subjek sebanyak 52 orang. Pengumpulan data untuk variable kecanduan bermain online game menggunakan skala kecanduan bermain online game yang terdiri dari 27 item dan variable prokrastinasi akademik dengan skala prokrastinasi akademik terdiri dari 29 item. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah r = 0,833 dengan sig. = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara kecanduan bermain online game dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UKSW. Hubungan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kecanduan bermain online game maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa.