Hubungan Antara Kecanduan Bermain Online Game dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tugas pada Mahasiswa UKSW

Main Author: Kamaratih, Dewi
Other Authors: Soetjiningsih, Chr. Hari, Kusumiati, Ratriana Y.E.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1196
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain online game dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan tugas pada mahasiswa UKSW. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang bermain online game lebih dari 3,5 jam dengan menggunakan teknik snowballing dengan jumlah subjek sebanyak 52 orang. Pengumpulan data untuk variable kecanduan bermain online game menggunakan skala kecanduan bermain online game yang terdiri dari 27 item dan variable prokrastinasi akademik dengan skala prokrastinasi akademik terdiri dari 29 item. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah r = 0,833 dengan sig. = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara kecanduan bermain online game dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UKSW. Hubungan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kecanduan bermain online game maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa.