Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Harga Jual Jeruk Medan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur

Main Author: Tarigan, Elsa Mertiany BR
Other Authors: Hartono, Georgius, Nuswantara, Bayu
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Agribisnis FPB-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11938
Daftar Isi:
  • Harga jual jeruk tidak hanya dipengaruhi oleh faktor ekonomi saja, melainkan faktor sosial juga dapat mempengaruhi harga jual jeruk di Pasar Induk Kramat Jati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sosial ekonomi (volume usaha dan pendapatan kotor, biaya pemasaran, pengalaman berdagang, hubungan kekerabatan dan hubungan bisnis) terhadap harga jual jeruk Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Juli s/d 31 Juli 2013. Tempat penelitian di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh nyata terhadap harga jual jeruk Medan di Pasar Kramat Jati adalah volume usaha, biaya pemasaran, pendapatan kotor dan hubungan kekerabatan yang terjalin antara agen dan pedagang. Teknik analis dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh semua variabel terhadap harga jual. Sedangkan uji signifikansi digunakan untuk menilai nilai F dan t. Uji validitas terhadap asumsi regresi diguanakan untuk melihat uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokolerasi.