Hubungan Antara Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru di SMK MAâ€TMARIF NU Bobotsari-Purbalingga

Main Author: Anggriana, Avi
Other Authors: Kusumiati, Ratriana Y.E., Ambarwati, K.D.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1191
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru SMK Maâ€TMArif NU Bobosari-Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru di SMK Maâ€TMArif NU Bobotsari-Purbalingga. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala iklim sekolah yang diungkapkan Moos dan Arter dalam Hadiyanto (2004), dan skala kinerja guru yang dijelaskan oleh Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16/2009. Skala ini menggunakan model skala likert yang terdiri dari 4 alternatif jawaban, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan Uji Korelasi diperoleh koefisien korelasi antara iklim sekolah dengan kinerja guru di SMK MAâ€TMArif NU Bobotsari-Purbalingga sebesar 0,846 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) yang artinya ada Hubungan positif yang signifikan antara Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru SMK MAâ€TMArif NU Bobotsari-Purbalingga.