Analisis Layanan Kualitas Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Version 3: studi kasus aplikasi E-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Salatiga
Main Author: | Tisera, Afryno Patrick |
---|---|
Other Authors: | Cahyono, Ariya Dwika, Wijaya, Agustinus Fritz |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11538 |
Daftar Isi:
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Salatiga menyadari bahwa pentingnya operasi layanan Teknologi Informasi (TI), oleh karena itu diterapkan aplikasi e - KTP yang merupakan deskripsi pekerjaan dari Disdukcapil Salatiga untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja dan kemudian untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan dalam pelayanan yang diberikan kepada penduduk. Divisi dari Pengolahan Data Informasi dan Kependudukan (PDIK) tidak membuat aplikasi e - KTP yang digunakan oleh Disdukcapil Salatiga, tetapi disediakan oleh Kementrian Dalam Negeri (Pusat). Untuk menjamin kualitas layanan TI telah dibuat dengan baik, maka mekanisme yang diperlukan layanan TI pada Kerangka ITIL V3 dengan domain Operasi Layanan sebagai kerangka pencapaian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan TI belum maksimal karena terkadang terjadi masalah dalam penggunaannya. Rekomendasi yang diberikan dikembalikan lagi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Salatiga, untuk digunakan atau tidak.
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Salatiga realized the importance of service operation Information Technology (IT), they implement the e-KTP application that is the job description from Disdukcapil Salatiga to increase the effectivity and efficiency of their perfomance and then to increase the quality and comfort in the service that gave for the recident. The divison of Pengolahan Data Informasi dan Kependudukan (PDIK) are not made of e-KTP application that used by Disdukcapil Salatiga, but it provided by Kementrian Dalam Negeri (Central). To ensure the quality of IT services has been created with good, then the required mechanisms of IT services Framework ITIL V3 with domain Service Operation as the achievement framework. This research use qualitative research method, because the data collected by interview and observation. The results showed the quality of IT services is not maximized because of sometimes happening problem on the utility. Recommendation that given returned again to the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Salatiga,to be used or not.