Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Salatiga 02 Semester II Tahun 2015/2016
Main Author: | Kardianus |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11170 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Salatiga 02 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, jumlah Subjek 40 siswa 17 laki-laki, dan 23 perempuan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriftif, yaitu: (1) Analisis deskriftif komperatif motivasi dan hasil belajar, membandingkan motivasi belajar dan membandingkan hasil belajar dengan data pra siklus dan indikator pada siklus I dan siklus II, (2) Analisis deskriftif kualitatif hasil observasi yaitu dengan cara membandingkan hasil observasi, refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian motivasi belajar pra siklus, kategori kurang 2.5%, kategori cukup 37.5%, dan kategori baik 60%. Siklus I motivasi kategori cukup 22.5%, kategori baik 77.5% dan siklus II motivasi kategori cukup 10%, kategori baik 90%. Selanjutnya, hasil belajar siswa pra siklus siswa tuntas 65%, siklus I 80%, dan siklus II meningkat menjadi 100%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa, terjadi peningkatan pada motivasi dan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Salatiga 02. Melalui hasil penelitian, sangat disarankan kepada guru, pihak sekolah untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pelajaran, materi lain.