Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 05 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Indra |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11154 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah. Dalam pembelajaran masih menggunakan buku bacaan, metode ceramah dan belum menggunakan model, tanpa siswa dihadapkan pada permasalahan sehingga dapat mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa, memecahkan masalah in akan digunakan model pembelajaran TSTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Apakah penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mangunsari 05 Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri Mangunsari 05 Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka hipotesis tindakan dalam penelitian iniadalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hasil belajar IPA siswakelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Semester II TahunPelajaran 2015/2016 . Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar terhadap pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperaktif tipe TSTS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 05 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016.Kedua, Mendeskripsikan penerapan cooperative learning tipe two stay two stray dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA pada siswa kelasV SD Negeri Mangunsari 05 Kota Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan pada siswa kelasV SD Negeri Mangunsari 05 dengan subyek 28 siswa. Pembelajaran cooperative learning tipe TSTS dengan langkah-langkah membagi kelompok secara heterogen, berdiskusi, bertamu, mencocokkan, presentasi, dilaksanakan sesuai sintak. Hasil penelitian menunjukkan menggunakan cooperative learning tipe TSTS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Peningkatan Nampak pada jumlah ketuntasan siswa menjadi 20siswa (71,43%). Setelah diberikan tindakan padasiklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 28 siswa (100%). Sebaiknya guru menerapkan pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray agar siswa aktif, tumbuh percaya diri, terjalin komunikasi yang positif sehingga meningkatkan sikap positif, dan hasil belajar pelajaran IPA mencapai hasil yang maksimal.