Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Menggunakan Strategi Creative Problem Solving dengan Berbantuan Media Video di SDN 01 Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang
Main Author: | Krisdiyanti, Sarah |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11149 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di SDN 01 Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. (2) Untuk menerapkan strategi Creative Problem Solving dengan berbantuan media video pada siswa kelas IV di SDN 01 Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas strategi Creative Problem Solving dan variabel terikatnya hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, evaluasi dan angket. Instrument pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis pilihan ganda, lembar angket. Teknik analisis data dengan cara prsentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi Creative Problem Solving dengan berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di SDN 01 Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. (2) Penerapkan strategi Creative Problem Solving dengan berbantuan media video pada siswa kelas IV di SDN 01 Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan strategi Creative Problem Solving dengan berbantuan media video dalam pembelajaran Matematika SD, karena strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.