Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching & Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Gedangan 01 Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Elisabet
Other Authors: Kristin, Firosalia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11139
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa pasif ketika pembelajaran IPS dikelas, kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS dan hasil belajar IPS siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah penerapan model pembelajaran CTL lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gedangan 01. 2) apakah penerapan model pembelajaran CTL lebih efektif dibanding model pembebelajaran konvensional untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gedangan 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gedangan 01. 2) untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran CTL terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gedangan 01. Jenis penelitian ini adalah penelititan eksperimen yang menggunakan Quasi Eksperimen Design yaitu Nonequivalent Control Group Desaign. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gedangan 01 sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN Kecandran 01 sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pilihan ganda) dan non tes (lembar observasi keaktifan siswa). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gedangan 01 semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh adanya selisih mean antara mean hasil belajar kelompok eksperimen dan mean nilai hasil belajar kelompok kontrol sebesar 14.677, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t table (9,457 > 3,396). 2) terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran CTL terhadap keaktifan siswa kelas IV SDN Gedangan 01 semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh keaktifan siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 49% (kurang aktif) dan pada pertemuan kedua adalah 77% (sangat aktif). Sedangkan keaktifan siswa kelas kontrol pada pertemuan pertama adalah 48% (kurang aktif) dan pada pertemuan kedua adalah 62% (cukup aktif). Berdasarkan hasil penelitian disarankan supaya guru dalam pembelajaran IPS dapat menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran IPS sebagai alternatif pembelajaran agar siswa tidak jenuh dan belajar secara kontekstual sehingga pendalaman siswa terhadap materi menjadi lebih baik.