Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Kurniawan, Gugun |
---|---|
Other Authors: | Purwiyastuti, Wahyu |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11135 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Metode Demonstrasi semester II tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas pembelajaran cooperative learning melalui Metode Demonstrasi dan variabel terikatnya hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Setelah diberikan tindakan menggunakan Metode Deomonstrasi, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa. Sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%) yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 14 siswa (70%). Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 17 (85%). Jadi, hasil belajar dapat meningkat melalui Meode Demonstrasi pada siswa kelas 5 SD Negeri Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2015/2016. Mendasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran IPA SD, karena metodel ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.