Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 4 di SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Nengsih |
---|---|
Other Authors: | Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11125 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas Pembelajaran Kooperatif Make A Match dan variabel terikatnya hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 7 (25%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah ketuntasan siswa menjadi 14 siswa (50%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 23 siswa (82%). Siswa yang belum tuntas sebelum diberikan tindakan adalah 21 siswa (75%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, berkurang menjadi 14 siswa (50%). Setelah dilaksanakan lagi tindakan pada siklus II, menjadi 5 (18%) siswa yang belum tuntas. Dengan kata lain, bahwa upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran make and match, materi bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Mendasarkan pada hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make And Match dalam pembelajaran matematika SD, karena model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.