Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas 5 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Marselena |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11119 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa rendah, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan teacher center, kerjasama siswa dalam kelompok belum efektif. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pada SDN Ngajaran 03 terdapat beberapa masalah, yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika oleh karena itu perlu diperbaiki dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Berdasarkan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) diduga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Suharsimi Arikunto terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Ngajaran 03 yang berjumlah 25 siswa, tediri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Peningkatan hasil belajar matematika ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 40% pada siklus I meningkat menjadi 72% siswa tuntas dan pada siklus II meningkat dengan 92% siswa tuntas. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Saran yang diberikan hendaknya guru dapat menyajikan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).