Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas III SDN Dukuh 03 Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Dicky, Fransius
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11117
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Dukuh 03 semester II tahun ajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran CTL. Hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Dukuh 03 masih rendah karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik, ketika proses kegiatan belajar siswa cenderung pasif, siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III dalam materi cuaca?” Model penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklusnya terdapat beberapa tahapan dengan model Kemmis & Mc Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuh 03 kota Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data kualiitatif di peroleh dari lembar observasi terhadap siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk data kuantitatif di peroleh dari tes sumatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Hal ini ditunjukan pada presentase ketuntasan hasil belajar pra siklus 40%, siklus 1 67,7 %, siklus 2 93,3 %. Dapat di simpulkan bahwa melalui model pembelajaran contextual teaching & learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Dukuh 03 kota Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016.