Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gedangan 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Ardinata, Feri |
---|---|
Other Authors: | Wuryani, Emy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11115 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep pembelajaran matematika yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun ruang sederhana, kurangnya penggunaan media dalam mengajar, ketika proses kegiatan belajar di kelas siswa cenderung pasif, siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran matematika sehingga siswa kurang fokus saat proses belajar di kelas, dan hasil belajar matematika yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV dalam materi pokok sifat-sifat bangun ruang sederhana ?” Model penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tiap siklusnya terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gedangan 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournaments (TGT). Hal ini ditunjukan pada presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 26%, Siklus I sebesar 77%, dan pada Siklus II 90% maka dengan demikian tindakan siklus II dinyatakan berhasil.