Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Guided Discovery pada Siswa Kelas V Semester II SDN Mangunsari 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Kornelius |
---|---|
Other Authors: | Padmomartono, Sumardjono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11114 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan informasi yang berupa konsep-konsep dan prinsip dalam suatu proses mental, yang dilakukan melalui kegiatan percobaan dengan bimbingan dan petunjuk yang diberikan oleh peneliti. Kegiatan Guided Discovery dapat mengoptimalkan pengalaman langsung siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas V SDN Mangunsari 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model Guided Discovery. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perecanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis untuk menghitung peningkatan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap, dimana hasil belajar siswa pada prasiklus hasil belajar 44.4%, siklus I 82.85% , siklus II 100%. Dengan demikian pembelajaran dikatakan berhasil karena lebih dari indikator keberhasilan sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangunsari 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016.