Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 03 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Johan |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11112 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang aktif terutama ketika diminta untuk mengerjakan tugas, siswa kurang antusias terhadap tugas yang diberikan oleh guru, banyak siswa yang sering tidak masuk alasannya siswa mengikuti kegiatan lain.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui model Pembelajaran STAD pada siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari Kota Salatiga tahun pelajaran 2016/2017.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari Kota Salatiga. Variabel penelitian yaitu variabel bebas model pembelajaran STAD dan variabel terikatnya hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis datanya adalah deskriptif komparatif cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari hasil analisis diketahui bahwa siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 16 (42%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah ketuntasan siswa menjadi 25 siswa (68%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 36 siswa (95%). Siswa yang belum tuntas sebelum diberikan tindakan adalah 22 siswa (58%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, berkurang menjadi 13 siswa (32%). Setelah dilaksanakan lagi tindakan pada siklus II, menjadi 2 (5%) siswa yang belum tuntas. Penelitian ini dinyatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh 80% dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan hasil belajar IPA yang ditetapkan dengan KKM ≥ 66. Bahwa upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran STAD materi alat pernafasan pada manusia pada siswa kelas 5 SDN Mangunsari 03 Kota Salatiga semester I tahun ajaran 2016/2017.