Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Make a Match Menggunakan Media Realia pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidorejo Lor 05 Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Irawan, Mimi
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11110
Daftar Isi:
  • Di SDN Sidorejo Lor 05 khususnya pada kelas V masih banyak siswa yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya, dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada pra siklus dari 36 siswa yang mendapatkan nilai KKM 70 hanya 16 siswa (44.4%), sedangkan 20 siswa lainnya (55.6%) masih mendapatkan nilai dibawah KKM 70. Karena selama proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan metode yang digunakan bersifat konvesial. Oleh karena itu diperlukannya sebuah inovasi dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran make a match menggunakan media realia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah melalui model make a match menggunakan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05 semester II tahun ajaran 2015/2016?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Sidorejo Lor 05 dengan menggunakan model pembelajaran make a match menggunakan media realia pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 36 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus ke I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus ke II terdiri dari 2 pertemuan . Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal atau pra siklus ke siklus I dan meningkat lagi di siklus ke II.Persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal 44.4% meningkat pada siklus I menjadi 53% dan terjadi meningkat lagi mencapai 83.40% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match menggunakan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sidorejo Lor 05 pada semester 2 Tahun ajaran 2015/2016. Saran bagi guru, sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran make a match menggunakan media realia pada mata pelajaran lainnya. Bagi siswa, siswa sebaiknya dapat bekerja sama dengan baik bersama teman-teman sekelas tanpa memilih-milih teman serta dapat mendengarkan instruksi guru dengan baik pada saat menerapkan model pembelajaran make a match menggunakan media realia.