Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SDN Kutowinangun 12 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Yuni, Fransiska
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11098
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran TGT dan Pendekatan PBL siswa kelas 4 SDN Kutowinangun 12 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research) yang menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, serta tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Kutowinangun 12 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dengan persentase yaitu teknik yang membandingkan hasil belajar IPS antara siklus I dan siklus II berdasarkan ketuntasan hasil belajar dan skor minimum, skor maksimum dan skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran TGT dan pendekatan PBL siswa kelas 4 SDN Kutowinangun 12 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukkan pada perbandingan hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan belajar melalui model pembelajaran TGT dan pendekatan PBL antara siklus I dan siklus II adalah 10; 16.Skor minimum adalah 67; 87. Skor maksimum adalah 97;100. Skor rata-rata adalah 87; 94,21. Penelitian ini dinyatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh jumlah siswa yang tuntas 84% ≥ 80% dari seluruh siswa yang ditetapkan dalam indikator kinerja.