Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Menggunakan Model Take and Give Berbantuan Media Flash Card pada Siswa Kelas I SDN Polobogo 02 Kecamatan Getasan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Liwin, Florentina |
---|---|
Other Authors: | Radia, Elvira Hoesein |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11095 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran take and give berbantuan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas I SDN Polobogo 02 Kecamatan Getasan semester I Tahun pelajaran 2016/2017, dengan subyek penelitian terdiri dari 19 siswa, siswa sebanyak 19 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan sintak take and give yaitu menggunakan media flash card, sebelum flash card diberikan kepada setiap siswa terlebih dahulu guru memperkenalkan flash card setelah selesai setiap siswa diminta secara berurut untuk menyebutkan flash card yang dipegangnya. Variabel penelitian yaitu variabel bebas model take and give dan variabel terikatnya hasil belajar membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan observasi. Isntrumen pengumpulan data hasil tes, lembar observasi. Analisis data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar membaca permulaan. Sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (32%) yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas sebanyak 12 siswa (64%). Pada siklus II terjadi peningkatan lagi jumlah siswa yang tuntas mencapai 16 siswa (84%). Jadi, hasil belajar membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat menggunakan model take and give berbantuan media flash card pada siswa kelas I SDN Polobogo 02 Kecamatan Getasan semester I tahun pelajaran 2016/2017. Berdasalkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model take and give berbantuan media flash card pada pembelajaran bahasa Indonesia, karena model ini dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa.