Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas 5 SD Negeri Salatiga 12 Semester ll Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Yetiana
Other Authors: Sulistari, Entri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11093
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan apakah hasil belajar matematika melalui model pembelajaran group investigation siswa kelas 5 SD Negeri Salatiga 12 tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas PTK atau (classroom action research) dengan menggunakan model spiral yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian siswa kelas 5 SDN Salatiga 12 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran group investigation, variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes dengan instrumen butir soal dan non tes yang menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komperatif dengan teknik membandingkan hasil belajar matematika antara pra siklus, siklus I dan siklus II berdasarkan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dengan materi “sifat-sifat bangun ruang dan jaring-jaring bangun ruang” dapat diupayakan melalui model pembelajaran group investigation siswa kelas 5 SD Negeri Salatiga 12 semester II tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar pra siklus terdapat 13 siswa (34%) yang tuntas, siklus I ketuntasan hasil belajar menjadi 25 siswa (68%) yang tuntas dan siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 36 siswa (95%) yang tuntas, penelitian ini dinyatakan berhasil ditunjukkan oleh jumlah siswa yang tuntas 95% ≥ 80% dari seluruh siswa yang ditetapkan dalam indikator kinerja. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri Salatiga 12 tahun pelajaran 2015/2016. Saran untuk guru, hendaknya guru dapat mendesain pembelajaran matematika melalui model pembelajaran group investigation dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar di kelas untuk meningkatkan hasil belaja