Pengaruh Penerapan Metode Discovery Berbantuan Media pada Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Asas Islam Kalibening Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Utami, Mia Aisyah Putri |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11090 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode discovery berbantuan media pada pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Asas Islam Kalibening Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama yaitu 25 anak. Kedua kelas tersebut homogen karena berdasarkan hasil uji homogenitas didapat signifikansi 0,425 atau lebih besar dari 0,05. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA tentang energi panas. Teknik analisis data adalah uji beda rata-rata dengan Independent-Samples-T-Test. Pada uji perbedaan rata-rata diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,397 lebih besar dari 2,011. Berdasarkan analisis didapat bahwa signifikansi adalah 0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Maka terdapat perbedaan rata-rata nilai yang positif dan signifikan antara kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa penerapan metode discovery berbantuan media pada pelajaran IPA berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Asas Islam Kalibening Salatiga semester II tahun ajaran 2015/2016. Saran bagi guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan antara tujuan dengan materi pembelajaran. Guru dapat menggunakan metode discovery sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA karena telah dibuktikan bahwa penerapan metode ini dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Bagi siswa, dalam pembelajaran hendaknya aktif turut serta dalam pembelajaran dan dapat berfikir kritis sebagai upaya dalam menguasai konsep-konsep baru sesuai dengan metode discovery. Bagi sekolah dapat menjadi salah satu pertimbangan agar guru lain dapat menerapkan metode discovery dalam pembelajaran dan agar sekolah dapat melengkapi media pembelajaran sehingga dapat menunjang pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.