Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri Tingkir Lor 1 Salatiga Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Hardoyo, Agung Try |
---|---|
Other Authors: | Setyaningtyas, Eunice Widyanti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11085 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tingkir Lor 1 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkat dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamnet (TGT). Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus, masing – masing siklus memuat dua pertemuan, dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Variabel penelitan terdiri dari satu variabel yaitu hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan butir-butir soal tes dan non tes (observasi). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Tipe Teams Games tournament (TGT), Sebelum tindakan siswa sebanyak 13 siswa (52%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 20 siswa (80%). Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 25 siswa (100%). Jadi, hasil belajar IPA siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan kompetensi dasar (KD) Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Dengan menggunkan media visual dapat menyalurkan pesan dari materi tersebut dan beberapa contoh yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA yaitu gambar dan video. Media visual sangat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPA , media visual gambar dan video sangat membantu siswa dalam menganalisi materi pembelajaran.