Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar untuk Mata Pelajaran IPA pada Kelas 3 SD Pangudi Luhur Ambarawa Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Ristiningtyas, Olga Tiara
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11061
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di SD yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dimana siswa lebih banyak belajar menggunakan buku pegangan yang digunakan secara turun menurun. Tujuan diadakannya pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media cerita bergambar yang cocok diterapkan untuk kelas 3 SD yang telah divalidasi ahli media dan materi yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga guru memiliki media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Desain penelitian ini menggunakan teori pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Sukmadinata (2012) yaitu tahap studi pendahuluan, tahap uji coba dan tahap uji produk, namun dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap uji coba. Penelitian ini dilakukan di kelas 3 SD Pangudi Luhur Ambarawa. Analisis data dilakukan setelah melakukan uji validitas ahli, uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil penelitian dari uji validitas pakar, uji coba terbatas dan uji coba luas menunjukkan bahwa media cerita bergambar yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Ketertarikan siswa belajar menggunakan media cerita bergambar terlihat dari cara siswa memperhatikan pelajaran dengan baik dan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Dengan demikian media cerita bergambar untuk mata pelajaran IPA pada kelas 3 SD dinyatakan layak untuk digunakan.