Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk dengan Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Pangudi Luhur Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Wulansari, Agnes Tri Retno
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11060
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Gallery Walk dengan Jigsaw dan mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Pangudi Luhur Ambarawa semester II tahun pelajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Pangudi Luhur Ambarawa, yaitu kelas V A dengan jumlah siswa 40 dan kelas V B dengan jumlah siswa 40. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental (Ekperimen Semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Tak Equivalent. Dalam penelitian ini kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Analisis perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian setelah pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar IPS kelas V dari pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal itu dibuktikan berdasarkan hasil uji t yaitu bahwa t hitung> t table yaitu (3195 > 1996) dan signifikansi < 0,05 yaitu (0,002 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Pangudi Luhur Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.