Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada Siswa Kelas 4 Semester II SDN Candirejo 02 Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Siska, Apriana
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11042
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran IPA masih rendah. Dari jumlah siswa yaitu 19 siswa, ada 10 siswa yang nilainya di bawah KKM (70) dan 9 siswa di atas KKM. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Time Token di kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Candirejo 02 Kecamatan Tuntang semester genap Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 di SDN Candirejo 02. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar IPA dari 63,16% ketuntasan siswa pada siklus 1 menjadi 94,74% ketuntasan siswa pada siklus II. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dalam pembelajaran IPA SD, karena model kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.