Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas 5 SDN Blotongan 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Belly, Dewanti H.
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11041
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran TPS dan pendekatan inkuiri siswa kelas 5 SDN Blotongan 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research) . Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari C. Kemmis, S. dan Mc Taggart, R. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Variabel penelitian ini mengunakan dua variabel yaitu model pembelajaran TPS dan pendekatan inkuiri serta hasil belajar IPS. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data dengan teknik non tes (unjuk kerja) dan tes . Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi dan butiran soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif yaitu teknik yang membandingkan hasil belajar IPS antara siklus yang berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal, dan skor rata-rata. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan KD. 2.4 Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dapat diupayakan melalui model pembelajaran TPS dan pendekatan inkuiri siswa kelas 5 SDN Blotongan 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan skor hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan belajar pra siklus, siklus I, siklus 2 adalah 9,52%:76,19%:90,48% , skor minimal dari pra siklus, siklus I dan siklus 2 adalah 15:65:70, hasil perbandingan skor maksimal yang dicapai pada pra siklus, siklus I, siklus 2 adalah 70:95:100, skor rata-rata pra siklus, siklus I, siklus 2 adalah 35,48:82,38:89,05. Penelitian ini dinyatakan berhasil ditunjukkan oleh 21 jumlah siswa yang tuntas (90% ≥ 80 % ) seperti yang ditetapkan oleh indikator kinerja. Saran yang diberikan, diharapkan guru dapat mendesain pembelajaran IPS melalui model pembelajaran TPS dan pendekatan inkuiri dan melakukan pengukuran hasil belajar yang terdiri dari pengkuran proses dan pengukuran hasil belajar.