Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Think Pair Share) Siswa Kelas 5 SDN 2 Surengede Wonosobo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Mutmainah, Siti |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11033 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA masih menggunakan metode ceramah. Guru masih terpaku pada buku teks saja, siswa hanya mendengarkan, mencatat yang disampaikan oleh guru, kemudian mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku pegangan. Kondisi demikian membuat siswa kurang aktif untuk memberikan ide dan pendapatnya antar siswa dan kepada guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA.Tujuan dari peneliti ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Surengede Wonosobo semester 2 tahun pelajaran 2015/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas dengan menggunakan desain bagan menurut Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning), Pelaksanaan tindakan (acting) dan Observasi (observing), refleksi (reflecting). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 2 Surengede yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir pembelajaran sedangkan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pembelajaran mengacu langkah-langkah model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) yang terdiri atas tiga tahapan yaitu Think yaitu berfikir secara individu, Pair yaitu berdiskusi secara berpasangan, Share yaitu berbagi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan pada kondisi awal rata-rata hasil belajar IPA yaitu 51,42 dengan ketuntasan 21,42% dari 28 siswa. Siklus I rata-rata hasil belajar IPA meningkat menjadi 76 dengan ketuntasan 64,3% dari 28 siswa. Siklus II rata-rata hasil belajar IPA meningkat menjadi 86,42 dengan ketuntasan 100% dari 28 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS (Think-Pair-share) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 2 Surengede Wonosobo.