Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD N Ngajaran 02 Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Wicaksono, Mufti Syukron Akbar |
---|---|
Other Authors: | Prihatnani, Erlina |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11023 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika tentang perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas V Semester II SD N 02 Ngajaran Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Ngajaran 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas V SD Negeri Ngajaran 02 semester II (genap) tahun pelajaran 2015/2016 (12 siswa). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD N Ngajaran 02 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang tuntas pada siklus I 72,72% dan naik pada siklus II sebesar 80%, sehingga telah memenuhi indikator kinerja yaitu minimal 75% dari seluruh siswa tuntas. Selain itu dari rata-rata yang didapat pada siklus I 72,72 dan naik pada siklus II menjadi sebesar 77,00. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi siswa untuk memanfaatkan setiap kesempatan, lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan kesempatan. Guru disarankan, diberikan gambaran dan inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pembelajaran yang tepat khususnya pembelajaran NHT pada materi lainnya ataupun pada mata pelajaran lain. Selanjutnya bagi sekolah sekolah diberi masukan dalam rangka pelaksanaan supervisi sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain diberikan bahan rujukan yang dapat memberikan manfaat dalam memperkuat landasan teori yang dibutuhkan dalam penelitian selanjutnya.