Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Example Non Examples Kelas 5 SDN 2 Wates Kecamatan Kedungjati Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Sari, Yunita Maya |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11022 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model Example Non Examples siswa kelas 5 SDN 2 Wates Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 sehingga mecapai KKM. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian ini di lakukan pada bulan Februari-April 2016 di SDN 2 Wates Kecamatan Kedungjati Kabepaten Grobogan di kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa sebagai subyek peneltian. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitan ini mengunakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tenik pengumpulan data dengan teknik non tes dan tes. Teknik non tes dengan mengunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui tindakan guru dan siswa dengan model Example Non Examples.Sedangkan teknik tes dengan mnggunakan soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggukan teknik analisis data deskripsi komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Example Non Examples dapat meningtkan hasil belajar IPA melalui siswa kelas 5 SDN 2 Wates Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar IPA pada kondisi awal siswa yang mencapai KKM (Kreteria Ketuntasan Minimum) hanya sebanyak 8 siswa atau sebesar 24,24% dari 33 siswa dengan ≥KKM 65. Pada siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak 21 siswa atau sebesar 63,63% dari 33 siswa yang mencapai KKM. Hasil ini belum mencapai indikator yang keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% siswa maka, dilakukan tindakan siklus 2. Pada siklus 2 hasil belajar mengalami peningkatan sebanyak 29 siswa atau sebesar 87,87% dari 33 siswa yang mencapai KKM. Berdasakan hasil penelitian maka penulis memberikan saran sebaiknya guru mempelajari dan menggunakan model Example Non Examples dalam proses pembelajaran khususnya matapelajaran IPA. Karena dapat membuat siswa memahami konsep tentang materi yang sedang dipelajari dengan menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar.