Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Bugel 01 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Wihdiasari, Dewita |
---|---|
Other Authors: | Purba, Romirio Torang |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11021 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, sehingga motivasi belajar siswa kurang. Selain itu pemilihan model pembelajaran yang diterapkan belum tepat, berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Bugel 01 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan adalah Picture And Picture yang dilaksanakan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel yaitu motivasi belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran Picture And Picture. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, lembar observasi dan tes tertulis pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif (hasil belajar) dan data kualitatif (motivasi belajar). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Bugel 01 Salatiga. Setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, persentase motivasi pada siklus I siswa sebesar 65,89% dan siklus II 80,4%. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa. Sebelum tindakan nilai rata-rata mencapai 54,47 dengan jumlah 5 siswa tuntas (26,3%) dan 14 siswa tidak tuntas. Setelah diberi tindakan pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 69 dengan jumlah 5 tuntas (26,3%) dan 14 tidak tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 87 dengan jumlah 19 siswa tuntas (100%). Jadi, motivasi dan hasil belajar dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri Bugel 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dalam pembelajaran IPA, dikarenakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.