Upaya Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas 4 SDN Bedono 02 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Hidayatullah, Achmad Najib
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
IPA
PTK
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11018
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah masih kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dimana guru masih dominan dan siswa dituntut untuk dapat menghafalkan setiap materi yang diajarkan. Maka peneliti menawarkan solusi, yaitu dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model 2 pertemuan di setiap siklusnya.Subjek penelitian ini adalah penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Bedono 02 Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa pada siklus 1 motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 15 siswa (65%) tergolong tinggi dan 8 siswa (35%) tergolong kurang. Pada siklus 2 mengalami peningkatan mencapai 22 siswa (96%) tergolong tinggi dan hanya 1 siswa (4%) kurang. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas 4 SDN Bedono 02.