Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick Ditinjau Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Gugus Merbabu Ngadirejo Temanggung

Main Author: Sarjani, Dianisa Yudha
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11001
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Snowball Throwing Dan Talking Stick ditinjau Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Gugus Merbabu Ngadirejo Temanggung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Talking Stick ditinjau Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Gugus Merbabu Ngadirejo Temanggung. Desain atau rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan variabel terikat hasil belajar IPA dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Talking Stick. Subjek penelitian yang terdiri dari SD Negeri 1 Ngadirejo 5A dan SD Negeri 2 Ngadirejo 5A sebagai kelas eksperimen 1, adapun kelas eksperimen 2 terdiri dari 5B SD Negeri 1 Ngadirejo dan SD Negeri 2 Ngadirejo. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan menggunakan uji anakova pada taraf signifikansi 0,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa postest pada kelas eksperimen 1 sebesar 67,05 dan rata-rata postest pada kelas eksperimen 2 sebesar 74,23. Analisis data menggunakan uji ankova menyatakan bahwa dilihat dari empat sumber Corrected model adalah parameter apakah pretest dan model pembelajaran memiliki nilai signifikansi < 0.05. Maka berdasarkan hasil tersebut maka diambil keputusan bahwa ada perbedaan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Talking Stick. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa guru dapat menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA karena dirasa dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang optimal.