Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD Negeri 4 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Tamtama, Imam Diga |
---|---|
Other Authors: | Kristin, Firosalia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11000 |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar pada pelajaran IPS siswa di SD Negeri 4 Karangrayung masih rendah karena belum mencapai nilai KKM 65 dan kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD Negeri 4 karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket motivasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t dengan taraf signifikasi 5% (α=0,05) menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Penelitian dilakukan di SDN 4 Karangrayung (kelas eksperimen) sebanyak 30 siswa dan SDN 1 Putatnganten (kelas kontrol) sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar IPS terbukti. Hal ini dibuktikan dengan uji menggunakan independent sample t-test motivasi belajar diperoleh nilai T tabel sebesar 5,020 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Sedangkan hasil belajar dengan uji menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai T tabel sebesar 4,425 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Saran yang diberikan kepada guru adalah didalam proses pembelajaran IPS diharapkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran jigsaw karena sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.