Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) pada Kelas IV SDN Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Putri, Aprilia Dwi |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10997 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa pasif yang mengakibatkan siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dari latar belakang masalah tersebut, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mangunsari 07 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa sejumlah 24 kelas IV SDN Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga yang terdiri dari 12 siswa dan 12 siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif yaitu teknik statistik yang membandingkan hasil belajar IPA berdasarkan ketuntasan belajar antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini nampak pada perbandingan minat belajar IPA berdasarkan pra siklus bahwa siswa yang berminat sebanyak 12,5%, sedangkan pada siklus I bahwa siswa yang berminat sebanyak 62,5% dan siklus II bahwa siswa yang berminat sebanyak 83,33%. Hasil belajar IPA berdasarkan ketuntasan belajar siklus I adalah 83,4% dan siklus II adalah 100%. Penelitian ini dinyatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh seluruh siswa ≥ 75% minat belajar mencapai kategori berminat dan ≥ 75% hasil belajar mencapai ketuntasan dengan KKM ≥ 67.