Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Lor 02 Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Puspitasari, Ganis
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10990
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilator belakangi oleh anggapan bahwa mata pelajaran matematika sangat sulit untuk dimengerti dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Masalah ini yang menjadikan matematika sangat sulit tertanam di pikiran sebagian besar pelajar yang akan berdampak dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah salah satu model pembelajaran yang mengutamakan diskusi, sehingga tepat untuk dijadikan solusi permasalahan karena siswa akan saling membantu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas IV SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre-eksperimen. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design yang memberikan soal sebelum perlakuan dan setelah perlakuan dalam satu kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa kelas IV SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji skor hasil belajar siswa adalah uji t dengan teknik paired sample t-test. Bedasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik suatu simpulan yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar bagi siswa kelas IV di SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai pretest 67,60 dan nilai rata-rata posttest 84,38. Selain itu dari analisis uji t diperoleh paired samples test dengan thitung = 14,028 menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 dan ttabel = 2,011. Hasil dari thitung > ttabel atau 14,028 > 2,011 artinya ada perbedaan nilai rata-rata pembelajaran sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan nilai rata-rata pembelajaran sebelum perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Setelah penelitian ini berhasil membuktikan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), maka peneliti memberikan saran pada guru untuk menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.