Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Tema ‘Makananku Sehat dan Bergizi’ untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB SD Negeri Getasan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Putri, Pramudita Agnityas |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Christian |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10989 |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 berorientasi pada pembelajaran tematik dengan penerapan pendekatan saintifik. Dalam pelaksanaannya pendekatan saintifk belum dijalankan dengan optimal, guru kurang memahami karakteristik dan prinsip-prinsip pendekatan saintifik. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dimana ketuntasan hanya mencapai 44%. Dari latar belakang masalah tersebut, dirumuskan masalah: “apakah melalui penerpan pendekatan saintifk dalam tema “makananku sehat dan bergizi” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri Getasan Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Getasan yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan. Peningkatan ini ditunjukkan dari hasil rata-rata sebelum tindakan sebesar 66,6, siklus I naik menjadi 72,76 dan siklus II meningkat 82,88. Adapun peningkatan persentasi hasil belajar secara klasikal pada kondisi awal 44%, siklus I 64% dan siklus II 92%. Dalam penelitian ini menerapkan pendekatan saintifk yang menerapkan tahapan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan) yang dipadukan dalam meteri pelajaran tematik. Hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi aktif dalam megikuti kegiatan belajar mengajar, selain itu siswa tidak hanya menerima materi pelajaran yang disajikan namun siswa juga terlibat secara langsung setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian ini menyarankan, hendaknya guru mengajar pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan tahapan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan).