Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen dengan Berbantuan Media Visual pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Bandungharjo Kecamatan Toroh Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Sianturi, Karolina Ayu
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10987
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Bandungharjo pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Bandungharjo Kecamatan Toroh semester II tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media visual. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif untuk data kuantitatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I, dan nilai tes setelah siklus II. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 80% dari jumlah siswa telah memperoleh nilai minimal 70. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Bandungharjo IPA melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media visual ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I rata-rata 69,81 dengan persentase ketuntasan sebesar 63% , rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 84,70 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 92% dengan KKM ≥70. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Bandungharjo Kecamatan Toroh.