Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Siswa Kelas 5 Semester II SD Negeri Tegowanuh Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Pratomo, Setyawan Susilo |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10981 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarekan hasil karya Tugas Akhir tersebut diterbitkan pada Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 Nomor 2, September 2016. Alamat web: jurnal.fkip.uns.ac.id
- Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dari 27 siswa kelas 5B sebanyak 10 siswa memperoleh nilai diatas KKM, sedangkan 17 anak nilainya belum mencapai KKM yang ditetapkan, dengan KKM ≥ 65. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yng terdiri dari 2 siklus. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 5B SD Negeri Tegowanuh berjumlah 27 siswa. Intrumen pengupulan data menggunakan tes dan non tes dan instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi guru dan lembar observasi siwa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai pra siklus yaitu 60,14. Siklus I meningkat menjadi 70,69, Siklus II meningkat lagi menjadi 78,51. Ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus yaitu 37,1%, siklus I meningkat menjadi 66,7% dan siklus II meningkat menjadi 92,6%. Penelitian ini dinyatakan berhasil, ditunjukkan dengan hasil belajr IPA ≥ 80% dari seluruh siswa yang tuntas belajar dengan KKM ≥65. Langkah-langkah metode (TGT) berbantuan media audiovisual disesuaikan dengan standar proses dan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru hendaknya mendesain pembelajaran dengan metode (TGT) berbantuan media audiovisual, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.