Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Realia pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Ngadisepi Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Kurnia, Retno
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10978
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi sifat-sifat cahaya dan berbagai jenis alat optik pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngadisepi Temanggung semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang disebabkan pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. Penulis kemudian memilih pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) sebagai solusi meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart dengan kegiatan penelitian meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I dan II masing-masing dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan penelitian dalam siklus I dan II yakni adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), pada siklus I dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Ngadisepi, tetapi belum memenuhi kriteria keberhasilan. Persentase siswa yang mencapai KKM baru sebesar 65,22%. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus II kemudian diperbaiki dengan mengacu pada refleksi di siklus I. Perbandingan nilai kondisi awal, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 16 siswa tidak tuntas kemudian setelah penerapan tindakan siklus I didapatkan hasil bahwa 8 siswa tidak tuntas. Setelah dilanjutkan Siklus II hasil perolehan nilai siswa mencapai peningkatan dengan nilai ketuntasan sebesar 23 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil perolehan nilai siklus I dan II didapatkan simpulan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) berhasil, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah menjadi tuntas dengan indikator hasil > 70%.