Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 3 Jambangan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Ristawati
Other Authors: Mediatati, Nani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10975
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 3 Jambangan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design dan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Jambangan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa, dan kelas IV SDN 4 Jambangan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa.. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan pada nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai sig.(2–tailed) 0,002 dan t hitung sebesar 3,212 > t tabel 2,045. Berdasarkan pengujian tersebut, nilai sig.(2-tailed) pada uji t < 0,05 maka h0 ditolak dan h1 diterima, yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDN 3 Jambangan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.