Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kemitir 02 Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Dammayanti, Setya
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10973
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran IPA di SD hanya menyajikan IPA dalam bentuk produk dan belum mengajak siswa untuk menemukan dan mengalami sendiri pengetahuan yang akan mereka pelajari sehingga berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Kemitir 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang pada Kompetensi Dasar: Perubahan Lingkungan Fisik dan Penyebabnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dengan menggunakan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan/keberhasilan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 60 dalam pra siklus adalah 6 siswa dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 15 siswa. Sedangkan hasil tes siklus I menunjukkan 12 siswa mendapat nilai diatas KKM, karena pada siklus I masih menunjukkan adanya siswa yang belum tuntas dan indikator keberhasilan belum tercapai maka peneliti merencanakan perbaikan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan 100% atau jumlah seluruh siswa pada kelas memenuhi KKM dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode discovery learning dalam pembelajaran IPA kelas 4 di SD Negeri Kemitir 02 Kabupaten Semarang telah berhasil karena telah mencapai tujuan indikator keberhasilan yang ditentukan.