Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Samban 02 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Klarasati, Alfiyanti
Other Authors: Setyaningtyas, Eunice Widyanti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10969
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran IPA di SD/MI harus mekankan siswa pada keterampilan memecahkan masalah serta aktif menemukan, membangun pengetahuan melalui berbagai sumber. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir secara aktif, menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri, memberikan ide atau gagasan mereka untuk memecahkan masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti merumuskan “Apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) melalui metode eksperimen pada hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Samban 02 Bawen?”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan Quasi-Eksperimental Design, desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Samban 01 sebagai kelompok kontrol dan SD Negeri Samban 02 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian uji-t menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melalui penerapan metode eksperimen lebih berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Samban 02 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru dalam mengajar harus sesuai dengan langkah pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti lebih lanjut mengenai media atau alat yang digunakan untuk pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen.