Perbedaan Hasil Belajar IPA Kelas III dalam Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Examples Non Examples SD Negeri Mangunsari 04 dan SD Negeri Kalicacing 02 Tahun 2015/2016

Main Author: Rubiyati, Wahyu Ruri
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10957
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan yang ada di lapangan, yaitu hasil belajar IPA di Indonesia kondisinya belum sesuai harapan atau masih rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA kelas III dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dan Examples Non Examples Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dan desain yang digunakan adalah desain Pretes- postes tak ekuivalen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Mangunsari 04 dan SD Negeri Kalicacing 02. SD Negeri Mangunsari 04 dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Sedangkan Sd Kalicacing 02 dengan subjek penelitian siswa kelas III sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 13 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menerapkan model pembelajaran Picture and Picture rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 82, sedangkan rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 72,31. Hasil t-hitung dengan menggunakan Independent Sample t Test menunjukkan signifikan 0,007 < 0,05, artinya bahwa H_0 ditolak H_a diterima. Dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperiman dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dan kelompok kontrol dengan menerapkan model Examples Non Examples.