Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri Sumberejo 01 dan SD Negeri Ujung-Ujung 02 Pabelan antara Menggunakan Model Problem Based Learning dan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share

Main Author: Destrianto, Kurnia
Other Authors: Rahardjo, Widi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
PBL
TPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10946
Daftar Isi:
  • Matematika bukan hanya sebatas pelajaran yang diberikan di sekolah, namun setiap hari kita selalu berhadapan langsung dengan matematika. Jadi matematika adalah pelajaran yang penting, tetapi sulit. Maka matematika harus diajarkan dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Sumberejo 01 dan SD Negeri Ujung-Ujung 02 Pabelan antara menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan menggunakan model Kooperatif Think Pair Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desingn Quasi Eksperimental Research. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Sumberejo 01 yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas V SD Negeri Ujung-Ujung 02 yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dengan melakkukan tes hasil belajar kognitif siswa dalam bentuk pretest dan posttest yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data diuji normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata-rata pretest, dan perbedaan dua rata-rata posttest menggunakan uji Independent Samples T-Test. Hasil yang diperoleh menujukkan hasil belajar siswa meningkat tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sumberejo 01 dan SD Negeri Ujung-Ujung 02 Pabelan antara menggunakan model Problem Based Learning dan model Kooperati Think Pair Share. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan.