Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Model Pembelajaran PBL dan PjBL di Gugus Joko Tingkir Salatiga

Main Author: Damayanti, Siska
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10942
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)pada siswa kelas 4 SD di Gugus Joko Tingkir Salatiga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu yaitu desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Tingkir Lor 01 (SD imbas),dan 17 siswa kelas 4 SDN Tingkir Lor 02 (SD inti) sebagai kelompok eksperimen 1, 17 siswa kelas 4 SDN Tingkir Lor 02 (SD inti) dan sebagian SDN Tingkir Tengah 01 (SD imbas) sebagai Kelompok Eksperimen 2. Teknik Pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang merupakan hasil belajar dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Berdasarkan uji t yang telah dilakukan terhadap nilai posttest kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diperoleh dari tidak adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan perolehan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 1 sebesar 77,14 dan eksperimen 2 sebesar 76,67. Hasil tersebut ditinjau dari kesignifikansiannya yaitu 0,670 ≥ 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar IPA kelas 4 SD dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL. Saran yang penulis sampaikan adalah guru dalam pembelajaran IPA dapat menggunakan model pembelajaran PBLdan PjBLsebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.